Senin, 21 September 2015

Enaknya Gulai Ikan Air Tawar di Pariaman

Orang Kabupaten Padang Pariaman bagian selatan, terutama Kec. Sungai Sarik, Ulakan Tapakis, dan Enam lingkung adalah jago-jago masak ikan air tawar, baik berupa ikan gulai maupun ikan bakar (panggang). Saya pernah mengikuti acara di daerah ini dan disajikan hidangan gulai ikan air tawar, rasanya sungguh mak nyus dan menggugah selera. 

Kalau untuk rumah makan yang menyediakan ikan gulai, terdapat sebuah kedai di Desa Paguah, Nagari Kurai Taji, Padang Pariaman yang menyediakan menu yang khas ini. Letak kedainya hanya beberapa meter dari batas kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman arah ke Kota Padang. 

Di kedai yang terbuat dari kayu dan sederhana ini, hanya menjual sambal/menu ikan air tawar saja, yaitu menu utamanya gulai ikan, dan ada menu tambahan panggang ikan.

Gulai ikannya berkuah kental sedikit pedas dan di tambah dengan sambalado hijau ke coklatan (mungkin cabe hijau di campur cabe merah atau cabe hijau yang hampir masak) disajikan dengan sayur pucuk ubi (daun singkong) rebus. Pedas dan gurihnya terasa di lidah. Sebagai pelengkap juga tersedia cemilan seperti perkedel dan bakwan.

Harga cukup murah, yakni seporsi besar nasi dan tambuah di tambah gulai ikan 2 buah hanya kena charge Rp. 20.000 atau just US $ 1,5, terkadang kena charge Rp.25.000, tergantung jenis dan bagian ikannya. Jika datang lebih awal kita dapat memilih bagian ikan yang kita inginkan seperti kepala, sirip, atau yang lainnya.

Jika dalam perjalanan dari Padang ke Pariaman, Lubuk Basung, Pasaman via Lubuk Alung, kita akan menjumpai tempat makan ini di sebelah kiri beberapa meter sebelum jembatan Kurai Taji, Pariaman. Menurut saya tempat ini yang paling enak di Pariaman sekitarnya jika ingin makan gulai ikan tabek/air tawar.




2 komentar:

Kapten Jack Sparrow mengatakan...

Kalau sempat ke Pariaman, rugi sekali tidak coba masakan ini.. Dijamin asli benar-benar mantab !! Yummy..

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas komennya Kapten Jack Sparrow.